5 Fakta Konsumsi Pegagan Bikin Otak Cerdas


Anda sedang mencari obat, jamu, suplemen, atau herbal yang dapat meningkatkan kecerdasan otak?. Pegagan adalah salah satu tanaman obat yang berkhasiat bikin otak cerdas. Berikut beberapa fakta manfaat konsumsi pegagan untuk kecerdasan.

Fakta Pertama,

Buku berjudul “Khasiat & Manfaat Pegagan: Tanaman Penambah Daya Ingat’ yang ditulis oleh Ir. W.P. Winarto, Ir. Maria Surbakti menarik sebagai sumber refrensi Anda yang sedang mencari kebenaran atau fakta manfaat pegagan untuk kecerdasan orak.

Buku ini memiliki 72 halaman, diterbitkan oleh Agromedia Pustaka dan dibandrol dengan harga Rp. 17.500. Didalam buku tersebut di jelaskan beberapa manfaat dari tanaman pegagan yang terbukti dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Selain menjelaskan tentang berbagai khasiat pegagan, kelebihan dalam buku ini menjelaskan secara spesifik mulai dari deskripsi tanaman pegagan, kandungan pegagan, cara konsumsi pegagan dan beberapa testimoni dari beberapa orang yang pernah mengonsumsi pegagan.

Fakta Kedua,

Hasil riset Prof Veena Kalra, Hilna Zamir, Pandey RM, dan Kala Suhas Kulkari, dari  The Himalaya Drug Company, Makali, Bangalore India pada tahun 2002.. Uji klinis dilakukan pada responden anak usia 6 sampai 12 tahun yang menderita ADHD.

ADHD adalah kelainan otak yang umum terjadi pada anak-anak, yang dicirikan dengan ketidakmampuan melakukan tugas sederana, hiperaktif, dan implusif. ADHD sendiri diartikan sebagai Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).

Responden rata-rata memiliki IQ 90-110. Metode yang dilakukan dengan cara membagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberi plasebo dan dijadikan sebagai kontrol. Kelompok kedua dikasih ramuan herbal mentat yang sudah dibentuk tablet. Komposisi dari mentat yaitu 70 mg Centella asiatica, 136 mg Bacopa monnieri, 52 mg Evovulus alsinodes, 52 mg Nardostachys jatamansi, 50 mg valeriana wallichi, , 50 mg Prunus amiygdalus, 36 mg Trinospora cordifolia, 36 mg Terminalia chebula, 36 mg Emblica offcinalis, 32 mg Oroxylum indicum, dan 32 mg Celastrus paniculatus, dan 50 mg Embeia ribes.

Kemudian kelompok pertama dan kedua dikasih dosis 2 tablet perhari. Waktu penelitian dilakukan selama 6 bulan.

Pada bulan ke 2 dan bulan ke 4 Prof Veena Kalra dan kawan-kawan, selalu memantau hasil dari uji klinis. Hasil dari riset tersebut menyatakan bahwa kelompok yang diberikan mantet yang komposisinya ada daun pegagan menunjukan peningkatan konsentrasi dibandingkan dengan kelompok 1 yang tidak diberikan.

Gerak motorik kelompok yang mengkonsumsi pegagan juga lebih terkontrol dibandingkan kelompok 1. Hasil akhir setelah 6 bulan menunjukkan kelompok yang diberi mentat mengalami kemajuan pesat.

Fakta Ketiga,

Penelitian yang dilakukan oleh B. Sathya dan R. Uthaya Ganga, dari Govt. Siddha Medical College, Palayamkottai, India. Mereka menguji  khasiat dari serbuk pegagan apakah dapat meningkatkan IQ atau tidak?

Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa serbuk pegagan terbukti dapat meningkatkan kecerdasan otak. Lima belas anak yang mengalami hambatan mental diberi 500 mg serbuk pegagan selama 1 bulan. Hasilnya, IQ mereka meningkat sampai 4,6%.

Anak menjadi lebih konsentraasi. Meraka yang sebelumnya berperilaku pasif, pemalu, dan gelisah, berubah menjadi periang, komunikatif dan kooperatif.

B. Sathya dan R. Uthaya Ganga menyampaikan dalam risetnya bahwa didalam pegagan terdapat
zat asiaticosida yang tergolong senyawa triterpenoid berkhasiat meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kewaspadaan.

Cara kerja dari senyawa tersebut yakni melancarkan sirkulasi pasokan oksigen dan nutrisi sel ke otak. Selain tu, daun pegagan juga mengandung senyawa alkaloid yang dapat memberikan energi bagi otak.

Fakta Keempat

Media online liputan6.com menuliskan sebuah artikel yang berjudul “Konsumsi Daun Antanan Bikin Anak Cerdas”. Tulisan tersebut di publikasikan pada 14 Desember 2015.

Dalam media tersebut disampaikan fakta yang bersumber dari dr. Titi Fauzia Moertolo, SpKK, yang menyatakan bahwa daun pegagan bermanfaat untuk membuat anak mudah merespon pelajaran yang dia terima.

Dr. Titi Fauzia Moertolo, SpKK seorang pakar dalam Bidang Ilmu Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia beliau mengatakan cara konsumsi daun pegagan biasanya dijadikan urap atau lalap. Kalau rajin dimakan bikin otak pintar.

Fakta Kelima

Pegagan yang memiliki nama lain antanan ini disebutkan juga dalam media online kompas.com menuliskan dengan sebuah judul “Pegagan, Pembawa Umur Panjang”

Didalam tulisan tersebut disampaikan bahwa pegagan adalah tanaman obat yang sangat bagus sebagai makanan otak. Artinya, dengan mengkonsumsi pegagan, akan memberikan efek positif bagi daya rangsang otak dan memperlancar aliran darah pada pembuluh otak.

Disebutkan juga pegagan telah di manfaatkan dari dulu beberapa Negara yaitu China, Malaysia, Pakistan dan beberapa Negara di Eropa.

Itulah 5 fakta khasiat pegagan untuk kecerdasan otak.

Semoga Bermanfaat

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter